Satuan Pendidikan : SMK NEGERI 2 BUKIT BATU
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan (PPKn)
Kelas : X (sepuluh)
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
1.1
Menghayati
nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat
|
|
|
|
|
|
1.2
Menghayati isi dan makna pasal 28E dan 29
ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945.
|
|
|
|
|
|
2.1
Menghayati
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
|
|
|
|
|
|
2.2
Mengamalkan
nilai-nilai yang terkandung dalam
Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945 dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara.
|
|
|
|
|
|
2.3
Menghayati
nilai-nilai yang terkandung dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945 dalam
berbagai aspek kehidupan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya,
pertahanan dan keamanan (ipoleksosbudhankam)
|
|
|
|
|
|
2.4
Mengamalkan
sikap toleransi antarumat beragama dan kepercayaan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
|
|
|
|
|
|
2.5
Mengamalkan perilaku toleransi dan harmoni keberagaman dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.
|
|
|
|
|
|
2.6
Mengamalkan nilai dan budaya demokrasi dengan mengutamakan prinsip
musyawarah mufakat dalam kehidupan sehari-hari dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
|
|
|
|
|
|
3.1
Menganalisis
kasus-kasus pelanggaran HAM dalam rangka pelindungan dan pemajuan HAM sesuai
dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan
bernegara.
4.1
Menyaji kasus–kasus
pelanggaran HAM dalam rangka perlindungan dan pemajuan HAM sesuai dengan
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
|
1. Kasus
Pelanggaran HAM
|
Mengamati
· Membaca berbagai
kasus pelanggaran HAM di
Indonesia dari berbagai literatur dan media cetak
· Mengamati berbagai kasus pelanggaran HAM yang terjadi dilingkungan masyarakat
sekitar
· Mendengar, melihat, dan menyimak
berbagai kasus pelanggaran HAM yang
terjadi di Indonesia dari berbagai sumber
Menanya
Menanyakan contoh-contoh kasus pelanggaran HAM yang terjadi
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Mengumpulkan
data
· Menentukan sumber data akurat
yang ada di lingkungannya berkaitan dengan kasus-kasus pelanggaran HAM
· Mengumpulkan data dari berbagai
sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang kasus pelanggaran HAM di
Indonesia
Mengasosiasikan
·
Mencari
hubungan pelanggaran HAM dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan
masyarakat Indonesia
·
Menganalisis
hasil temuannya berkaitan dengan kasus pelanggaran HAM di Indonesia
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan
berbagai kasus pelanggaran HAM di wilayahnya berdasarkan hasil temuannya di
lapangan
·
Menyampaikan
hasil temuan tentang kasus pelanggaran
HAM dalam bentuk lisan, tulisan, gambar atau media lainnya
|
Tugas:
· Mengumpulkan data dari berbagai
sumber tentang berbagai
kasus pelanggaran HAM di
Indonesia
· Diskusi kelompok membahas hasil
pengamatan
· Membuat laporan hasil
pengamatan
· Mempresentasikan hasil laporan
di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan contoh kasus pelanggaran HAM dalam kehidupan sehari-hari
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang kasus pelanggaran HAM yang
terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang
kasus pelanggaran HAM
|
3 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran PPKn SMA
· Buku Penunjang Lainnya
· Media cetak dan elektronik
· lingkungan sekitar
|
|
2. Upaya-Upaya Penegakan
HAM di Indonesia
o Proses
pemajuan, penghormatan, dan penegakan
HAM
o Pelanggaran
HAM dan penangganan kasus pelanggaran HAM.
o Tantangan
dalam penegakan HAM di Indonesia
|
Mengamati
Membaca dari berbagai sumber tentang
pemajuan,, penghormatan penegakan dan Pengadilan HAM di Indonesia
Menanya
Menanyakan proses
pemajuan, penghormatan dan penegakan HAM
di wilayahnya serta hambatan apa saja yang ditemukan
Mengumpulkan
data
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang upaya
pemajuan, penghormatan dan penegakan HAM
di Indonesia
Mengasosiasikan
Mencari hubungan upaya penegakkan HAM dan berbagai
tantangan yang dihadapinya di Indonesia
Mengomunikasikan
·
Membuat
kesimpulan tentang pemajuan,
penghormatan dan penegakan HAM
·
Mempresentasikan hasil pengumpulan data tentang penanganan beberapa kasus pelanggaran HAM di Indonesia
·
Menyampaikan
jasa-jasa tokoh dan lembaga yang bergerak dalam penegakan
HAM
|
Tugas:
· Mengumpulkan data dari berbagai
sumber tentang pemajuan,
penghormatan. penegakan dan Pengadilan
HAM di Indonesia
· Diskusi kelompok membahas hasil
pengumpulan data
· Membuat laporan hasil
pengumpulan data
· Mempresentasikan hasil laporan
di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan upaya penegakkan HAM dan
berbagai tantangannya di Indonesia
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang upaya
penegakkan HAM dan berbagai tantangannya di Indonesia
Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang upaya penegakkan HAM dan berbagai tantangannya
di Indonesia
|
2 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran PPKn SMA
· Buku Penunjang Lainnya
· Media cetak dan elektronik
|
3.2
Memahami
pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945
4.2
Menyaji
hasil telaah pokok-pokok pikiran Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945.
|
1.
Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
|
Mengamati
Membaca dan menganalisa Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Menanya
Bertanya jawab tentang Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengumpulkan
data
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengasosiasikan
Mencari
hubungan alinea pertama sampai alinea
ke-empat Pembukaan
UUD NRI Tahun 1945
Mengomunikasikan
Mempresentasikan hasil diskusi tentang Pembukaan Undang-Undang Dasar
Negara Republik Indonesia tahun 1945
|
Tugas:
· Mengumpulkan data dari berbagai
sumber tentang Pembukaan
UUD NRI Tahun 1945
· Diskusi kelompok membahas hasil
pengumpulan data
· Membuat laporan hasil
pengumpulan data
· Mempresentasikan hasil laporan
di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan dengan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang Pembukaan UUD
NRI Tahun 1945
Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang
Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
|
2 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran PPKn SMA
· Buku Penunjang Lainnya
· Media Internet
|
|
1. Makna
pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan dan pasal-pasal UUD NRI
Tahun 1945
|
Mengamati
Menyimak makna
pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan dan pasal-pasal
UUD NRI Tahun 1945
Menanya
Menanyakan
makna pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam
Pembukaan dan pasal-pasal UUD NRI Tahun 1945
Mengumpulkan
data
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang makna pokok-pokok pikiran yang terkandung
dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengasosiasikan
Mencari hubungan makna pokok pikiran yang terkandung dari alinea satu sampai empat dalam Pembukaan
UUD NRI Tahun 1945 dan keterkaitan pasal-pasalnya.
Mengomunikasikan
Mempresentasikan makna pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD NRI Tahun
1945 dan keterkaitan dengan pasal-pasalnya.
|
Tugas:
· Mengumpulkan data dari berbagai
sumber tentang makna pokok-pokok
pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dan keterkaitan
pasal-pasalnya.
· Diskusi kelompok membahas hasil
pengumpulan data
· Membuat laporan hasil
pengumpulan data
· Mempresentasikan hasil laporan
di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan narasumber
tentang makna
pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dan
keterkaitan dengan pasal-pasalnya.
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang makna
pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang makna pokok-pokok yang terkandung
dalam
Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
|
2 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran PPKn SMA
· Buku Penunjang Lainnya
· Media Internet
|
3.3
Memahami
bentuk dan kedaulatan negara sesuai dengan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3
Menyaji
hasil telaah bentuk dan kedaulatan negara sesuai dengan Undang
Undang DasarNegara Republik Indonesia Tahun 1945.
|
1. Bentuk Negara dan Pemerin-tahan
|
Mengamati
Membaca dari berbagai sumber tentang bentuk negara dan pemerintahan
yang sesuai dengan UUD NRI tahun 1945
Menanya
Menanyakan tentang bentuk negara dan
pemerintahan yang sesuai dengan UUD
NRI tahun 1945
Mengumpulkan
data
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang bentuk negara dan pemerintah yang sesuai
dengan UUD NRI tahun 1945
Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara bentuk
negara dan pemerintah Republik Indonesia
sesuai dengan UUD NRI tahun 1945
Mengomunikasikan
·
Menyimpulkan hasil diskusi tentang bentuk negara dan pemerintahan
Indonesia sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945
·
Meyajikan hasil diskusi tentang bentuk negara dan pemerintahan
Indonesia sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945
|
Tugas:
· Mengumpulkan data dari berbagai
sumber tentang bentuk
negara dan pemerintahan yang sesuai dengan UUD NRI tahun 1945
· Diskusi kelompok membahas hasil
pengumpulan data
· Membuat laporan hasil
pengumpulan data
· Mempresentasikan hasil laporan
di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan dengan bentuk negara dan pemerintahan yang sesuai dengan UUD NRI tahun 1945
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang bentuk negara
dan pemerintahan yang sesuai dengan UUD NRI tahun 1945
Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang bentuk
negara dan pemerintahan yang sesuai dengan UUD NRI tahun 1945
|
3 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran PPKn SMA
· Buku Penunjang Lainnya
· Media Internet
|
|
2.
Sistem
Pemerintahan Negara
|
Mengamati
Membaca dari berbagai literatur tentang sistem pemerintahan Negara Republik
Indonesia
Menanya
Menanyakan tentang sistem
pemerintahan Negara Republik Indonesia
Mengumpulkan
data
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber termasuk internet dan media cetak serta elektronik
tentang sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia
Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara sistem
pemerintahan Indonesia yang ada di
Indonesia dengan sistem pemerintah yang sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan sistem pemerintahan Indonesia yang sesuai dengan UUD
NRI Tahun 1945
|
Tugas:
· Mengumpulkan data dari berbagai
sumber tentang sistem
pemerintahan Negara Republik Indonesia
· Diskusi kelompok membahas hasil
pengumpulan data
· Membuat laporan hasil
pengumpulan data
· Mempresentasikan hasil laporan
di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan dengan sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang sistem pemerintahan
Negara Republik Indonesia
Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang sistem
pemerintahan Negara Republik Indonesia
|
2 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran PPKn SMA
· Buku Penunjang Lainnya
· Internet
· Media cetak dan elektronik
|
|
3. Kedaulatan Negara
|
Mengamati
Mencari dari berbagai
sumber tentang sifat hakikat negara, pengertian kedaulatan dan macam-macam
kedaulatan negara
Menanya
Menanyakan tentang sifat hakikat negara dan kedaulatan
negara
Mengumpulkan
data
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang sifat hakikat negara dan kedaulatan Negara
Republik Indonesia
Mengasosiasikan
Mencari hubungan pasal-pasal UUD NRI tahun 1945 dengan sifat hakikat negara dan kedaulatan
negara
Mengkomunikasikan
· Menyimpulkan
dasil diskusi tentang kedaulatan
negara Indonesia sesuai dengan UUD NRI Tahun 1945
· Mempresentasikan
hasil pengumpulan data tentang kedaulatan negara Indonesia sesuai dengan
Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia tahun 1945
|
Tugas:
·
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang
sifat hakikat negara, kedaulatan dan
macam-macam kedaulatan negara
·
Diskusi
kelompok membahas hasil pengumpulan data
·
Membuat
laporan hasil pengumpulan data
·
Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan dengan sifat hakikat negara, pengertian kedaulatan dan macam-macam kedaulatan negara
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang sifat hakikat
negara, pengertian kedaulatan dan macam-macam
kedaulatan negara
Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang
sifat hakikat negara, pengertian kedaulatan dan
macam-macam kedaulatan negara
|
2 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran PPKn SMA
· Buku Penunjang Lainnya
· Media Internet
|
3.4
Memahami
hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945.
4.4 Menyaji hasil telaah hubungan
struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun
1945
4.9.1
Berinteraksi dengan teman dan orang lain
berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan
gender
|
1. Hubungan struktural dan fungsional pemerintahan
pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
Mengamati
Membaca dari berbagai sumber
tentang hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah
menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Menanya
Menanyakan tentang hubungan
struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD NRI Tahun
1945
Mengumpulkan
data
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang hubungan struktural dan fungsional
pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945
Mengasosiasikan
Mencari hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan
daerah menurut UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Mengomunikasikan
·
Menyimpulkan hasil pengumpulan data tentang pelaksanaan hubungan
struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
·
Mempresentasikan tentang pelaksanaan hubungan struktural dan
fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
Tugas:
· Mengumpulkan data dari berbagai
sumber tentang hubungan
struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD Negara
Republik Indonesia Tahun 1945
· Diskusi kelompok membahas hasil
pengumpulan data
· Membuat laporan hasil
pengumpulan data
· Mempresentasikan hasil laporan
di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan dengan hubungan struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah
menurut UUD NRI Tahun 1945
Portofolio
penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang hubungan
struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD NRI Tahun
1945
Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang hubungan
struktural dan fungsional pemerintahan pusat dan daerah menurut UUD NRI Tahun
1945
|
3 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran PPKn SMA
· Buku Penunjang Lainnya
· Media cetak dan elektronik
· Internet
|
|
2. Otonomi Daerah
|
Mengamati
Membaca dari berbagai sumber
(media cetak dan elektronik) tentang pelaksanaan otonomi daerah di
wilayahnya
Menanya
Menanyakan tentang pelaksanaan
otonomi daerah di Indonesia
Mengumpulkan
data
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia
Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara pelaksanaan otonomi daerah dengan realisasi
pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah daerah di wilayahnya masing-masing
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan hasil kajian
pelaksanaan otonomi daerah di wilayahnya
|
Tugas:
· Mengumpulkan data dari berbagai
sumber tentang pelaksanaan
otonomi daerah
· Diskusi kelompok membahas hasil
pengumpulan data
· Membuat laporan hasil
pengumpulan data
· Mempresentasikan hasil laporan
di depan kelas
Observasi
Menilai kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber
berkaitan dengan pelaksanaan otonomi daerah di wilayahnya
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang pelaksanaan
otonomi daerah di wilayahnya
Tes
digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pelaksanaan
otonomi daerah di wilayahnya
|
2 x 2 JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
Internet
|
3.5
Memahami
sistem hukum dan peradilan nasional dalam lingkup NKRI.
4.5
Menyaji hasil telaah sistem hukum dan
peradilan nasional dalam lingkup NKRI
|
1.
Sistem
hukum dalam NKRI
|
Mengamati
Membaca
tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan, dan sumber hukum
serta tata urutan peraturan hukum di Indonesia
Menanya
Menanyakan tentang pengertian, tujuan,
macam-macam penggolongan, dan sumber hukum serta tata urutan peraturan hukum
di Indonesia
Mengumpulkan
data
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang pengertian,
tujuan, macam-macam penggolongan, dan sumber hukum serta urutan tata
peraturan hukum di Indonesia
Mengasosiasikan
Mencari hubungan rasa keadilan masyarakat
dengan sistem hukum di Indonesia
Mengomunikasikan
Mempresentasikan
hasil diskusi tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan
hukum, dan sumber serta tata urutan peraturan hukum di Indonesia
|
Tugas:
·
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentangpengertian, tujuan, macam-macam penggolongan, dan
sumber hukum serta tata urutan peraturan hukum di Indonesia
·
Diskusi
kelompok membahas hasil pengumpulan data
·
Membuat
laporan hasil pengumpulan data
·
Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi
Menilai
kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan, dan
sumber hukum serta tata urutan peraturan hukum di Indonesia
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil
pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan hukum, dan
sumber hukum serta tata urutan peraturan hukum di Indonesia
Tes
Digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pengertian, tujuan, macam-macam penggolongan hukum dan
sumber hukum serta tata urutan peraturan hukum di Indonesia
|
2 x 2 JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
|
2. Sistem
peradilan Indonesia
|
Mengamati
Mencari informasi tentang pengertian, tujuan,
macam-macam peradilan di Indonesia serta tugas dan fungsinya
Menanya
Menanyakan tentang sistem peradilan di Indonesia,
perangkat lembaga peradilan, macam-macam lembaga peradilan, dan peran lembaga
peradilan
Mengeksperimenkan/mengeksplorasikan
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang sistem peradilan di Indonesia
Mengasosiasikan
Mencari hubungan proses peradilan dengan putusan
pengadilan yang berbeda-beda pada kasus yang sama
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan
hasil diskusi tentang sistem peradilan
nasional dalam lingkup NKRI
|
Tugas:
· Mengumpulkan data dari berbagai
sumber tentangpengertian, tujuan, macam-macam
peradilan di Indonesia serta tugas dan fungsinya
· Diskusi kelompok membahas hasil
pengumpulan data
· Membuat laporan hasil
pengumpulan data
· Mempresentasikan hasil laporan
di depan kelas
Observasi
Menilai
kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan sistem peradilan di Indonesia, perangkat lembaga
peradilan, macam-macam lembaga peradilan, dan peran lembaga peradilan
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu
maupun kelompok tentang sistem peradilan
di Indonesia, perangkat lembaga peradilan, macam-macam lembaga peradilan, dan
peran lembaga peradilan
Tes
digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang sistem peradilan di Indonesia, perangkat lembaga
peradilan, macam-macam lembaga peradilan, dan peran lembaga peradilan
|
3 x 2 JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
Internet
|
3.6
Menganalisis
kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara
4.6
Menyaji
analisis penanganan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai
warga negara
|
1. Pelanggaran
Hak
|
Mengamati
Membaca
dari berbagai media (cetak dan elektronik) tentang contoh kasus pelanggaran hak
Menanya
Menanyakan
tentang berbagai bentuk contoh kasus pelanggaran hak
Mengumpulkan
data
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang berbagai contoh kasus pelanggaran hak
Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara pelanggaran hak dengan
penanganan pelanggaran hak yang berbeda-beda pada kasus yang sama
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan hasil diskusi tentang
berbagai contoh kasus pelanggaran hak
|
Tugas:
·
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentangcontoh kasus pelanggaran hak
·
Diskusi
kelompok membahas hasil pengumpulan data
·
Membuat
laporan hasil pengumpulan data
·
Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi
Menilai
kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan contoh kasus pelanggaran hak
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil
pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang contoh kasus pelanggaran hak
Tes
Digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang contoh kasus pelanggaran hak
|
2 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran PPKn SMA
· Buku Penunjang Lainnya
· Media cetak dan elektronik
· Internet
|
|
2. Pengingkaran
kewajiban
|
Mengamati
Membaca
dari berbagai media (cetak dan elektronik) tentang contoh kasus pengingkaran kewajiban
Menanya
Menanya
tentang berbagai kasus
pengingkaran kewajiban
Mengumpulkan data
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang berbagai kasus pengingkaran kewajiban
Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara kasus pengingkaran
kewajiban dengan rasa tanggung jawab pribadi
.
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan hasil diskusi tentang
berbagai bentuk kasus pengingkaran kewajiban
|
Tugas:
· Mengumpulkan data dari berbagai
sumber tentangcontoh kasus pengingkaran kewajiban
· Diskusi kelompok membahas hasil
pengumpulan data
· Membuat laporan hasil
pengumpulan data
· Mempresentasikan hasil laporan
di depan kelas
Observasi
Menilai
kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan contoh kasus pengingkaran kewajiban
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil
pekerjaan baik individu maupun kelompok tentangcontoh kasus pengingkaran kewajiban
Tes
Digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang contoh kasus pengingkaran kewajiban
|
2 x 2 JP
|
Buku Pelajaran PPKn SMA
Buku Penunjang Lainnya
Media cetak dan elektronik
|
3.7
Menganalisis
indikator ancaman terhadap negara dalam membangun integrasi nasional dengan
bingkai BhinnekaTunggal Ika.
4.7 Menyaji hasil analisis tentang
indikator ancaman terhadap negara dalam membangun integrasi nasional dengan
bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
4.9.2
Menyaji bentuk partisipasi kewarganegara-an yang mencerminkan komitmen
terhadap keutuhan nasional
|
Ancaman terhadap negara Indonesia
|
Mengamati
Membaca
dan menyimak dari berbagai media (cetak dan elektronik) tentang contoh kasus ancaman terhadap
negara Indonesia
Menanya
Menanyakan
tentang berbagai bentuk ancaman terhadap negara Indonesia dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Mengumpulkan
data
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang berbagai bentuk ancaman terhadap negara Indonesia dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara ancaman yang dilakukan
terhadap Indonesia dengan lemahnya rasa ke-Bhinneka Tunggal Ika-an sebagai
warganegara
.
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan hasil diskusi tentang
berbagai bentuk ancaman terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
Tugas:
·
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentangcontoh kasus ancaman terhadap negara Indonesia
·
Diskusi
kelompok membahas hasil pengumpulan data
·
Membuat
laporan hasil pengumpulan data
·
Mempresentasikan
hasil laporan di depan kelas
Observasi
Menilai
kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan contoh kasus ancaman terhadap negara Indonesia
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk menilai hasil
pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang contoh kasus ancaman terhadap negara Indonesia
Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang contoh kasus ancaman terhadap negara Indonesia
|
3 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran PPKn SMA
· Buku Penunjang Lainnya
· Media cetak dan elektronik
|
3.8
Memahami
pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari konteks sejarah dan
geopolitik Indonesia.
4.7
Menyaji
analisis tentang pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara dilihat dari
konteks sejarah dan geopolitik Indonesia
|
Kesadaran
berbangsa dan bernegara
|
Mengamati
Membaca dari berbagai literatur tentang bentuk-bentuk kesadaran
berbangsa dan bernegara dalam konteks
sejarah dan geopolitik Indonesia
Menanya
Menanyakan tentang kesadaran berbangsa dan bernegara dalam konteks sejarah dan geopolitik Indonesia
Mengumpulkan
data
Mengumpulkan
data dari berbagai sumber tentang kesadaran berbangsa dan bernegara
dalam konteks sejarah dan geopolitik
Indonesia
Mengasosiasikan
Mencari hubungan antara kesadaran berbangsa dan bernegara dalam konteks sejarah dan geopolitik Indonesia
Mengkomunikasikan
Melaporkan hasil pengumpulan data
berkaitan dengan kesadaran berbangsa dan bernegara dalam konteks sejarah dan geopolitik Indonesia
|
Tugas:
· Mengumpulkan data dari berbagai
sumber tentang bentuk-bentuk
kesadaran berbangsa dan bernegara dalam
konteks sejarah dan geopolitik Indonesia
· Diskusi kelompok membahas hasil
pengumpulan data
· Membuat laporan hasil
pengumpulan data
· Mempresentasikan hasil laporan
di depan kelas
Observasi
Menilai
kegiatan pengamatan dan tanya jawab dengan nara sumber berkaitan dengan bentuk-bentuk
kesadaran berbangsa dan bernegara dalam
konteks sejarah dan geopolitik Indonesia
Portofolio,
penilaian ini digunakan untuk
menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang bentuk-bentuk
kesadaran berbangsa dan bernegara dalam
konteks sejarah dan geopolitik Indonesia
Tes
Digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang bentuk-bentuk
kesadaran berbangsa dan bernegara dalam
konteks sejarah dan geopolitik Indonesia
|
3 x 2 JP
|
· Buku Pelajaran PPKn SMA
· Buku Penunjang Lainnya
· Media cetak dan elektronik
· Internet
|
0 komentar:
Posting Komentar