Satuan
Pendidikan      :   SMK NEGERI 2
BUKIT BATU
Mata Pelajaran : SENI RUPA
Kelas : X
Kompetensi
Inti           :  
KI 1 
 | 
  
: 
 | 
  
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
  yang dianutnya 
 | 
 
KI 2 
 | 
  
: 
 | 
  
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
  disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
  santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
  solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
  lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
  bangsa dalam pergaulan dunia. 
 | 
 
KI 3 
 | 
  
: 
 | 
  
Memahami, menerapkan, menganalisis
  pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
  kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
  dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
  spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 
 | 
 
KI 4 
 | 
  
: 
 | 
  
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
  konkret dan ranah abstrak  terkait
  dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
  mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan 
 | 
 
Kompetensi Dasar 
 | 
   
Materi Pokok 
 | 
   
Pembelajaran 
 | 
   
Penilaian 
 | 
   
Alokasi Waktu 
 | 
   
Sumber Belajar 
 | 
  
 1.1.  Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap  karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur
  terhadap anugerah Tuhan  
 2.1.  Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran,
  dan disiplin melalui aktivitas berkesenian 
 2.2.  Menunjukkan sikap santun, jujur,
  cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya 
  2.3. 
  Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif,
  peduli terhadaplingkungan dansesama,menghargai karya seni dan pembuatnya 
3.1.    Memahami bahan,
  media  dan  teknik dalam proses berkarya  seni rupa. 
3.2.   Menerapkan
  jenis, simbol dan 
  nilai estetis dalam konsep seni rupa. 
4.1.   Membuat karya
  seni rupa dua  dimensi   berdasarkan melihat  model 
 | 
  
   Bahan, media, jenis,  
   simbol, nilai estetis dan teknik   dalam  
  proses berkarya   seni rupa
  dua dimensi 
 | 
  
Mengamati  
·       Melihat karya seni rupa dua dimensi melalui media cetak
  (buku, majalah, brosur, dsb.), 
  internet dan kegiatan pameran 
·       Mengamati proses  pembuatan karya seni rupa dua dimensi 
Menanya 
·      Menanyakan
  tentang konsep seni rupa dua dimensi 
  yang ada dan berkembang 
·      Menanyakan
  langkah-langkah membuat  karya seni
  rupa dua dimensi 
Mengeksplorasi 
·      Mengumpulkan
  informasi  tentang jenis, simbol
  dan nilai estetis dalam konsep seni rupa
  dua dimensi 
·      Bereksperimen dengan beragam media dan teknik dalam membuat  karya seni rupa dua dimensi 
Mengasosiasi 
•      
  Membandingkan   karya sendiri dengan karya orang lain , mengenai : bahan,  media, jenis,  simbol, teknik dan  nilai estetis  yang terkandung di
  dalamnya  
•       
  Menghubungkan data-data yang diperoleh
  dengan kegiatan berkarya 
Mengomunikasikan 
•      
  Membuat karya seni rupa dua dimensi 
•      
  Menyampaikan hasil pengumpulan dansimpulan informasi
  yang diperoleh 
•      
  Mempertanggung jawabkan secara lisan atau  tulisan  mengenai 
  karya seni rupa dua dimensi yang dibuat 
 | 
  
Penugasan 
·     Membuat
  tulisan tentang 
jenis-jenis
  karya seni rupa  
dua  dimensi 
Observasi 
•  Pengamatan terhadap sikap    siswa selama  proses belajar 
Portofolio 
•   
  Membuat sketsa dari obyek mahluk hidup dan benda
  mati 
Projek 
•  Membuat gambar atau lukisan dengan  obyek-obyek yang berbeda 
 | 
  
8 JP 
 | 
  
• Buku
  Teks  
   Pelajaran  
   Seni  
   Budaya  
   Kelas X 
•
  Buku-buku  
   lain yang 
   relevan 
•
  Informasi  
   melalui  
   internet 
• Pameran  
   karya seni  
   rupa 
• Sumber
  lain  
   yang relevan 
   dan 
   disesuaikan  
   dengan  
   kondisi  
   
   setempat 
 | 
 
 3.1. Memahami bahan,
  media  dan teknik  dalam 
  proses berkarya seni rupa. 
3.2.  Menerapkan
  jenis, simbol dan 
  nila estetis dalam  konsep seni  rupa. 
 4.2. Membuatkarya
  seni rupa tiga
  dimensi berdasarkan melihat model 
 | 
  
   Bahan, media, jenis, simbol,  nilai estetis  dan teknik dalam   proses berkarya   seni rupa tiga  dimensi 
 | 
  
Mengamati  
·       Melihat karya seni rupa tiga dimensi melalui media cetak
  (buku, majalah, brosur, dsb.), 
  internet dan kegiatan pameran 
·       Mengamati
  proses  pembuatan karya seni rupa tiga
  dimensi 
Menanya 
·      Menanyakan
  tentang konsep seni rupa tiga dimensi 
  yang ada dan berkembang 
·      Menanyakan
  langkah-langkah membuat  karya seni
  rupa tiga dimensi 
Mengeksplorasi 
·      Mengumpulkan
  informasi  tentang unsur- unsur dan
  jenis-jenis karya seni rupa tiga dimensi 
·      Bereksperimen dengan beragam teknik dan media
  dalam membuat karya seni rupa tiga dimensi 
Mengasosiasi 
·       Membandingkan   karya sendiri dengan karya orang lain , mengenai: bahan,
  media, jenis,  simbol, teknik dan nilai
  estetis  yang terkandung di dalamnya 
•       
  Menghubungkan data-data yang diperoleh
  dengan kegiatan berkarya 
Mengomunikasikan 
•      
  Membuat karya seni rupa tiga dimensi 
•      
  Menyampaikan hasil pengumpulan dansimpulan informasi
  yang diperoleh 
•      
  Mempertanggung jawabkan secara lisan atau  tulisan  mengenai 
  karya seni rupa tiga dimensi 
 | 
  
Penugasan 
•   Membuat tulisan  tentang   
  jenis-    jenis karya seni
  rupa  tiga dimensi 
Observasi 
•    Pengamatan  terhadap sikap
  siswa selama  proses belajar 
Portofolio 
•   Membuat sketsa
  rancangan benda tiga  dimensi dengan
  obyek yang  berbeda  
Projek 
·      Karya seni
  rupa tiga dimensi dengan beragam media dan obyek yang  berbeda 
 | 
  
8 JP 
 | 
  
• Buku
  Teks  
   Pelajaran  
   Seni  
   Budaya  
   Kelas X 
•
  Buku-buku 
   lain yang 
   relevan 
•
  Informasi   
   melalui  
   internet 
• Pameran  
   karya seni  
   rupa 
• Sumber
  lain  
   yang  
   relevan  
   dan  
   disesuaikan  
   dengan  
   kondisi  
   setempat 
 | 
 
3.3.  Memahami pameran karya seni rupa 
4.3.      
  Memamerkan hasil karyaseni rupa  
 | 
  
Prosedur
  dan tata cara menyelenggarakan kegiatan pameran karya seni rupa 
 | 
  
Mengamati  
·      Melihat
  penyelenggaraan kegiatan pameran seni rupa yang diselenggarakan oleh seniman
  atau lembaga kesenian profesional 
Menanya 
·      Menanyakan
  prosedur dan tata cara menyelenggarakan kegiatan pameran karya seni rupa   
Mengeksplorasi 
•  Mengumpulkan informasi tentang unsur-  unsur 
  dan tata cara penyelenggaraan  
  pameran 
•
  Menentukan konsep pameran  yang
  akan  diselenggarakan 
Mengasosiasi 
•  Membandingkan   penyelenggaraan pameran di sekolah dan di
  tempat lain mengenai  unsur-unsur,
  prosedur dan tata cara 
•  Menghubungkan
  data-data yang diperoleh dengan persiapan penyelenggaraan pameran 
Mengomunikasikan 
·      Melaksanakan
  kegiatan pameran 
·     
  Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi
  yang diperoleh 
●  Menyampaikan konsep 
    penyelenggaraan pameran yang telah
  disusun 
 | 
  
Penugasan 
•     
  Membuat 
  proposal
  kegiatan  pameran 
Observasi 
•    Pengamatan  terhadap sikap  siswa selama  proses belajar 
Projek 
•       
  Menyelenggarakan pameran seni rupa hasil karya sendiri 
 | 
  
10 JP 
 | 
  
• Buku
  Teks  
   Pelajaran  
   Seni  
   Budaya  
   Kelas X 
•
  Buku-buku  
   lain yang  
   relevan 
•
  Informasi 
  melalui  
  internet 
• Pameran  
  karya seni  
  rupa 
• Sumber
  lain  
   yang  
   relevan dan 
  disesuaikan  
  dengan  
  kondisi  
  setempat 
 | 
 
3.4.   Memahami  jenis, simbol, fungsi dan nilai estetis  dalam  kritik 
  karya seni rupa. 
4.4.          
  Membuat tulisan
  kritik  karya seni rupa mengenai jenis, fungsi, simbol
  dan nilai estetis berdasarkan hasil pengamatan 
 | 
  
Jenis,
  simbol, fungsi dan nilai estetis dalam   kritik 
  karya seni rupa. 
 | 
  
Mengamati  
·      Membaca
  ulasan tentang karya seni rupa di media cetak 
Menanya 
•
  Menanyakan istilah-istilah dalam 
  penulisan karya   seni rupa 
•
  Menanyakan tentang penulisan karya  
  seni rupa di  media cetak  
Mengeksplorasi 
•
  Mengumpulkan informasi tentang 
  prosedur dan   tata cara
  penulisan karya  seni rupa 
Mengasosiasi 
• Membandingkan   karya sendiri dan karya orang lain , berkaitan
  dengan prosedur penulisan karya  seni
  rupa  
• Menghubungkan data-data dalam proses  penulisan yang dilakukan 
Mengomunikasikan 
·      Menulis
  ulasan tentang karya seni rupa yang dibuat teman sekelas 
·     
  Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi
  yang diperoleh 
 | 
  
Observasi 
•    Pengamatan terhadap  proses 
  belajar 
Projek 
•      
  Membuat tulisan yang mengulas tentang  karya seni rupa hasil  karya 
  teman sekelas    
 | 
  
10 JP 
 | 
  
• Buku
  Teks  
   Pelajaran  
   Seni  
   Budaya  
   Kelas X 
•
  Buku-buku  
   lain yang 
   relevan 
•
  Informasi  
   melalui  
internet 
• Pameran  
   karya seni  
   rupa 
• Sumber
  lain 
   yang  
   relevan dan        disesuaikan  
  dengan  
  kondisi  
  setempat 
 | 
 






0 komentar:
Posting Komentar