Satuan
Pendidikan : SMK NEGERI 2
BUKIT BATU
Mata Pelajaran : SENI RUPA
Kelas : X
Kompetensi
Inti :
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1. Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan
2.1. Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran,
dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2. Menunjukkan sikap santun, jujur,
cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3.
Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif,
peduli terhadaplingkungan dansesama,menghargai karya seni dan pembuatnya
3.1. Memahami bahan,
media dan teknik dalam proses berkarya seni rupa.
3.2. Menerapkan
jenis, simbol dan
nilai estetis dalam konsep seni rupa.
4.1. Membuat karya
seni rupa dua dimensi berdasarkan melihat model
|
Bahan, media, jenis,
simbol, nilai estetis dan teknik dalam
proses berkarya seni rupa
dua dimensi
|
Mengamati
· Melihat karya seni rupa dua dimensi melalui media cetak
(buku, majalah, brosur, dsb.),
internet dan kegiatan pameran
· Mengamati proses pembuatan karya seni rupa dua dimensi
Menanya
· Menanyakan
tentang konsep seni rupa dua dimensi
yang ada dan berkembang
· Menanyakan
langkah-langkah membuat karya seni
rupa dua dimensi
Mengeksplorasi
· Mengumpulkan
informasi tentang jenis, simbol
dan nilai estetis dalam konsep seni rupa
dua dimensi
· Bereksperimen dengan beragam media dan teknik dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
Mengasosiasi
•
Membandingkan karya sendiri dengan karya orang lain , mengenai : bahan, media, jenis, simbol, teknik dan nilai estetis yang terkandung di
dalamnya
•
Menghubungkan data-data yang diperoleh
dengan kegiatan berkarya
Mengomunikasikan
•
Membuat karya seni rupa dua dimensi
•
Menyampaikan hasil pengumpulan dansimpulan informasi
yang diperoleh
•
Mempertanggung jawabkan secara lisan atau tulisan mengenai
karya seni rupa dua dimensi yang dibuat
|
Penugasan
· Membuat
tulisan tentang
jenis-jenis
karya seni rupa
dua dimensi
Observasi
• Pengamatan terhadap sikap siswa selama proses belajar
Portofolio
•
Membuat sketsa dari obyek mahluk hidup dan benda
mati
Projek
• Membuat gambar atau lukisan dengan obyek-obyek yang berbeda
|
8 JP
|
• Buku
Teks
Pelajaran
Seni
Budaya
Kelas X
•
Buku-buku
lain yang
relevan
•
Informasi
melalui
internet
• Pameran
karya seni
rupa
• Sumber
lain
yang relevan
dan
disesuaikan
dengan
kondisi
setempat
|
3.1. Memahami bahan,
media dan teknik dalam
proses berkarya seni rupa.
3.2. Menerapkan
jenis, simbol dan
nila estetis dalam konsep seni rupa.
4.2. Membuatkarya
seni rupa tiga
dimensi berdasarkan melihat model
|
Bahan, media, jenis, simbol, nilai estetis dan teknik dalam proses berkarya seni rupa tiga dimensi
|
Mengamati
· Melihat karya seni rupa tiga dimensi melalui media cetak
(buku, majalah, brosur, dsb.),
internet dan kegiatan pameran
· Mengamati
proses pembuatan karya seni rupa tiga
dimensi
Menanya
· Menanyakan
tentang konsep seni rupa tiga dimensi
yang ada dan berkembang
· Menanyakan
langkah-langkah membuat karya seni
rupa tiga dimensi
Mengeksplorasi
· Mengumpulkan
informasi tentang unsur- unsur dan
jenis-jenis karya seni rupa tiga dimensi
· Bereksperimen dengan beragam teknik dan media
dalam membuat karya seni rupa tiga dimensi
Mengasosiasi
· Membandingkan karya sendiri dengan karya orang lain , mengenai: bahan,
media, jenis, simbol, teknik dan nilai
estetis yang terkandung di dalamnya
•
Menghubungkan data-data yang diperoleh
dengan kegiatan berkarya
Mengomunikasikan
•
Membuat karya seni rupa tiga dimensi
•
Menyampaikan hasil pengumpulan dansimpulan informasi
yang diperoleh
•
Mempertanggung jawabkan secara lisan atau tulisan mengenai
karya seni rupa tiga dimensi
|
Penugasan
• Membuat tulisan tentang
jenis- jenis karya seni
rupa tiga dimensi
Observasi
• Pengamatan terhadap sikap
siswa selama proses belajar
Portofolio
• Membuat sketsa
rancangan benda tiga dimensi dengan
obyek yang berbeda
Projek
· Karya seni
rupa tiga dimensi dengan beragam media dan obyek yang berbeda
|
8 JP
|
• Buku
Teks
Pelajaran
Seni
Budaya
Kelas X
•
Buku-buku
lain yang
relevan
•
Informasi
melalui
internet
• Pameran
karya seni
rupa
• Sumber
lain
yang
relevan
dan
disesuaikan
dengan
kondisi
setempat
|
3.3. Memahami pameran karya seni rupa
4.3.
Memamerkan hasil karyaseni rupa
|
Prosedur
dan tata cara menyelenggarakan kegiatan pameran karya seni rupa
|
Mengamati
· Melihat
penyelenggaraan kegiatan pameran seni rupa yang diselenggarakan oleh seniman
atau lembaga kesenian profesional
Menanya
· Menanyakan
prosedur dan tata cara menyelenggarakan kegiatan pameran karya seni rupa
Mengeksplorasi
• Mengumpulkan informasi tentang unsur- unsur
dan tata cara penyelenggaraan
pameran
•
Menentukan konsep pameran yang
akan diselenggarakan
Mengasosiasi
• Membandingkan penyelenggaraan pameran di sekolah dan di
tempat lain mengenai unsur-unsur,
prosedur dan tata cara
• Menghubungkan
data-data yang diperoleh dengan persiapan penyelenggaraan pameran
Mengomunikasikan
· Melaksanakan
kegiatan pameran
·
Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi
yang diperoleh
● Menyampaikan konsep
penyelenggaraan pameran yang telah
disusun
|
Penugasan
•
Membuat
proposal
kegiatan pameran
Observasi
• Pengamatan terhadap sikap siswa selama proses belajar
Projek
•
Menyelenggarakan pameran seni rupa hasil karya sendiri
|
10 JP
|
• Buku
Teks
Pelajaran
Seni
Budaya
Kelas X
•
Buku-buku
lain yang
relevan
•
Informasi
melalui
internet
• Pameran
karya seni
rupa
• Sumber
lain
yang
relevan dan
disesuaikan
dengan
kondisi
setempat
|
3.4. Memahami jenis, simbol, fungsi dan nilai estetis dalam kritik
karya seni rupa.
4.4.
Membuat tulisan
kritik karya seni rupa mengenai jenis, fungsi, simbol
dan nilai estetis berdasarkan hasil pengamatan
|
Jenis,
simbol, fungsi dan nilai estetis dalam kritik
karya seni rupa.
|
Mengamati
· Membaca
ulasan tentang karya seni rupa di media cetak
Menanya
•
Menanyakan istilah-istilah dalam
penulisan karya seni rupa
•
Menanyakan tentang penulisan karya
seni rupa di media cetak
Mengeksplorasi
•
Mengumpulkan informasi tentang
prosedur dan tata cara
penulisan karya seni rupa
Mengasosiasi
• Membandingkan karya sendiri dan karya orang lain , berkaitan
dengan prosedur penulisan karya seni
rupa
• Menghubungkan data-data dalam proses penulisan yang dilakukan
Mengomunikasikan
· Menulis
ulasan tentang karya seni rupa yang dibuat teman sekelas
·
Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi
yang diperoleh
|
Observasi
• Pengamatan terhadap proses
belajar
Projek
•
Membuat tulisan yang mengulas tentang karya seni rupa hasil karya
teman sekelas
|
10 JP
|
• Buku
Teks
Pelajaran
Seni
Budaya
Kelas X
•
Buku-buku
lain yang
relevan
•
Informasi
melalui
internet
• Pameran
karya seni
rupa
• Sumber
lain
yang
relevan dan disesuaikan
dengan
kondisi
setempat
|
0 komentar:
Posting Komentar