Senin, 14 Juli 2014

SILABUS SENI BUDAYA (SENI RUPA)



Satuan Pendidikan      :   SMK NEGERI 2 BUKIT BATU

Mata Pelajaran              :   SENI  RUPA

Kelas                                    :  X

Kompetensi Inti           : 
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
 1.1.  Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap  karya seni rupa sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan
 2.1.  Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
 2.2.  Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
  2.3.  Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadaplingkungan dansesama,menghargai karya seni dan pembuatnya
3.1.    Memahami bahan, media  dan  teknik dalam proses berkarya  seni rupa.
3.2.   Menerapkan jenis, simbol dan  nilai estetis dalam konsep seni rupa.
4.1.   Membuat karya seni rupa dua  dimensi   berdasarkan melihat  model




















   Bahan, media, jenis,
   simbol, nilai estetis dan teknik   dalam   proses berkarya   seni rupa dua dimensi


























Mengamati
·       Melihat karya seni rupa dua dimensi melalui media cetak (buku, majalah, brosur, dsb.),  internet dan kegiatan pameran
·       Mengamati proses  pembuatan karya seni rupa dua dimensi
Menanya
·      Menanyakan tentang konsep seni rupa dua dimensi  yang ada dan berkembang
·      Menanyakan langkah-langkah membuat  karya seni rupa dua dimensi
Mengeksplorasi
·      Mengumpulkan informasi  tentang jenis, simbol dan nilai estetis dalam konsep seni rupa dua dimensi
·      Bereksperimen dengan beragam media dan teknik dalam membuat  karya seni rupa dua dimensi
Mengasosiasi
       Membandingkan   karya sendiri dengan karya orang lain , mengenai : bahan,  media, jenis,  simbol, teknik dan  nilai estetis  yang terkandung di dalamnya
        Menghubungkan data-data yang diperoleh dengan kegiatan berkarya
Mengomunikasikan
       Membuat karya seni rupa dua dimensi
       Menyampaikan hasil pengumpulan dansimpulan informasi yang diperoleh
       Mempertanggung jawabkan secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya seni rupa dua dimensi yang dibuat


Penugasan
·     Membuat tulisan tentang
jenis-jenis karya seni rupa
dua  dimensi
Observasi
  Pengamatan terhadap sikap    siswa selama  proses belajar
Portofolio
    Membuat sketsa dari obyek mahluk hidup dan benda mati

Projek
  Membuat gambar atau lukisan dengan  obyek-obyek yang berbeda






















8 JP


























• Buku Teks
   Pelajaran
   Seni
   Budaya
   Kelas X
• Buku-buku
   lain yang
   relevan
• Informasi
   melalui
   internet
• Pameran
   karya seni
   rupa
• Sumber lain
   yang relevan
   dan
   disesuaikan
   dengan
   kondisi  
   setempat



 3.1. Memahami bahan, media  dan teknik  dalam  proses berkarya seni rupa.
3.2.  Menerapkan jenis, simbol dan  nila estetis dalam  konsep seni  rupa.
 4.2. Membuatkarya seni rupa tiga dimensi berdasarkan melihat model


   Bahan, media, jenis, simbol,  nilai estetis  dan teknik dalam   proses berkarya   seni rupa tiga  dimensi

Mengamati
·       Melihat karya seni rupa tiga dimensi melalui media cetak (buku, majalah, brosur, dsb.),  internet dan kegiatan pameran
·       Mengamati proses  pembuatan karya seni rupa tiga dimensi
Menanya
·      Menanyakan tentang konsep seni rupa tiga dimensi  yang ada dan berkembang
·      Menanyakan langkah-langkah membuat  karya seni rupa tiga dimensi
Mengeksplorasi
·      Mengumpulkan informasi  tentang unsur- unsur dan jenis-jenis karya seni rupa tiga dimensi
·      Bereksperimen dengan beragam teknik dan media dalam membuat karya seni rupa tiga dimensi
Mengasosiasi
·       Membandingkan   karya sendiri dengan karya orang lain , mengenai: bahan, media, jenis,  simbol, teknik dan nilai estetis  yang terkandung di dalamnya
        Menghubungkan data-data yang diperoleh dengan kegiatan berkarya
Mengomunikasikan
       Membuat karya seni rupa tiga dimensi
       Menyampaikan hasil pengumpulan dansimpulan informasi yang diperoleh
       Mempertanggung jawabkan secara lisan atau  tulisan  mengenai  karya seni rupa tiga dimensi



Penugasan
   Membuat tulisan  tentang    jenis-    jenis karya seni rupa  tiga dimensi
Observasi
    Pengamatan  terhadap sikap siswa selama  proses belajar
Portofolio
   Membuat sketsa rancangan benda tiga  dimensi dengan obyek yang  berbeda
Projek
·      Karya seni rupa tiga dimensi dengan beragam media dan obyek yang  berbeda




8 JP

• Buku Teks
   Pelajaran
   Seni
   Budaya
   Kelas X
• Buku-buku
   lain yang
   relevan
• Informasi 
   melalui
   internet
• Pameran
   karya seni
   rupa
• Sumber lain
   yang
   relevan
   dan
   disesuaikan
   dengan
   kondisi
   setempat



3.3.  Memahami pameran karya seni rupa
4.3.       Memamerkan hasil karyaseni rupa


Prosedur dan tata cara menyelenggarakan kegiatan pameran karya seni rupa

Mengamati
·      Melihat penyelenggaraan kegiatan pameran seni rupa yang diselenggarakan oleh seniman atau lembaga kesenian profesional
Menanya
·      Menanyakan prosedur dan tata cara menyelenggarakan kegiatan pameran karya seni rupa 
Mengeksplorasi
  Mengumpulkan informasi tentang unsur-  unsur  dan tata cara penyelenggaraan   pameran
• Menentukan konsep pameran  yang akan  diselenggarakan
Mengasosiasi
  Membandingkan   penyelenggaraan pameran di sekolah dan di tempat lain mengenai  unsur-unsur, prosedur dan tata cara
  Menghubungkan data-data yang diperoleh dengan persiapan penyelenggaraan pameran
Mengomunikasikan
·      Melaksanakan kegiatan pameran
·      Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
  Menyampaikan konsep
    penyelenggaraan pameran yang telah disusun


Penugasan
      Membuat  proposal kegiatan  pameran
Observasi
    Pengamatan  terhadap sikap  siswa selama  proses belajar
Projek
        Menyelenggarakan pameran seni rupa hasil karya sendiri



10 JP

• Buku Teks
   Pelajaran
   Seni
   Budaya
   Kelas X
• Buku-buku
   lain yang
   relevan
• Informasi
  melalui
  internet
• Pameran
  karya seni
  rupa
• Sumber lain
   yang
   relevan dan
  disesuaikan
  dengan
  kondisi
  setempat


3.4.   Memahami  jenis, simbol, fungsi dan nilai estetis  dalam  kritik  karya seni rupa.
4.4.           Membuat tulisan kritik  karya seni rupa mengenai jenis, fungsi, simbol dan nilai estetis berdasarkan hasil pengamatan

Jenis, simbol, fungsi dan nilai estetis dalam   kritik  karya seni rupa.


Mengamati
·      Membaca ulasan tentang karya seni rupa di media cetak
Menanya
• Menanyakan istilah-istilah dalam  penulisan karya   seni rupa
• Menanyakan tentang penulisan karya   seni rupa di  media cetak
Mengeksplorasi
• Mengumpulkan informasi tentang  prosedur dan   tata cara penulisan karya  seni rupa
Mengasosiasi
• Membandingkan   karya sendiri dan karya orang lain , berkaitan dengan prosedur penulisan karya  seni rupa
• Menghubungkan data-data dalam proses  penulisan yang dilakukan
Mengomunikasikan
·      Menulis ulasan tentang karya seni rupa yang dibuat teman sekelas
·      Menyampaikan hasil pengumpulan dan simpulan informasi yang diperoleh
Observasi
    Pengamatan terhadap  proses  belajar
Projek
       Membuat tulisan yang mengulas tentang  karya seni rupa hasil  karya  teman sekelas  


10 JP
• Buku Teks
   Pelajaran
   Seni
   Budaya
   Kelas X
• Buku-buku
   lain yang
   relevan
• Informasi
   melalui
internet
• Pameran
   karya seni
   rupa
• Sumber lain
   yang
   relevan dan        disesuaikan
  dengan
  kondisi
  setempat



0 komentar:

Posting Komentar